Sebab selang radiator pecah - pada sebuah sistem pendinginan mesin kendaraan beroda empat ataupun motor biasanya terdapat beberapa selang yang terbuat dari karet yang berfungsi sebagai penghubung antara akses air dari dalam mesin menuju ke dalam radiator dan sebaliknya. Jika karet pipa radiator ini hingga pecah atau bocor, tentu akan menciptakan proses pendinginan mesin terganggu, balasannya mesin kendaraan beroda empat sanggup mengalami overheat.

 pada sebuah sistem pendinginan mesin kendaraan beroda empat ataupun motor biasanya terdapat beberapa selan Penyebab Selang Radiator Bisa Pecah
Image by : nicoclub


Jika pembaca nantinya mengalami masalah yang menyerupai ini sebaiknya tidak perlu panik, biasanya kalau karet pipa radiator pecah, cairan pendinginan mesin akan menyembur keluar. Berkurangnya cairan pendinginan akan menciptakan suhu mesin menjadi panas yang nantinya akan memicu lampu ceck engine menyala dan jarum penunjuk suhu akan naik. Bila sudah begini sebaiknya sesegera mungkin hentikan kendaraan beroda empat anda di tepi jalan dan lakukan pengecekan lebih lanjut atau sanggup menghubungi bengkel servis resmi terdekat.

Penyebab selang radiator pecah

Pecahnya selang radiator ini biasanya diakibatkan alasannya faktor usia pakai, usia selang pipa radiator yang sudah renta tentu saja elastisitas karetnya akan menurun atau bahkan hilang sehingga menjadi kaku, dikala terkena tekanan air yang tinggi inilah yang membuatnya sanggup pecah. Rata rata usia selang radiator sanggup bertahan antara 4 hingga 5 tahunan, diatas itu sangat rentan terjadi pengerasan karet dan rawan pecah. Untuk menghindari hal ini alangkah cantik nya kalau kita mengganti selang radiator yang sudah berusia diatas 5 tahun demi keamanan.

Selain faktor usia, pecahan selang karet yang tersumbat oleh endapan lumpur dan karat yang berasal dari dalam mesin juga sanggup menjadikan selang menjadi pecah. Agar sistem radiator tidak mengalami kebuntuan sebaiknya lakukan penggantian air radiator secara berkala, hal ini mempunyai kegunaan untuk membuang endapan lumpur maupun karat yang bercampur dengan air radiator.

Baca juga : Penyebab kebocoran pada sistem radiator mobil

Catatan penting

Pastikan anda tidak memaksakan kendaraan beroda empat yang mengalami kebocoran radiator untuk di pakai jalan, alasannya sangat rentan terjadi overheat yang malah akan menciptakan kepala silinder mesin menjadi bengkok, kalau sudah bengkok maka air pendingin akan masuk dan bercampur didalam ruang bakar, selain itu kompresi mesin menjadi hilang sehingga mengakibatkan mesin kendaraan beroda empat tidak sanggup dinyalakan kembali alias mogok.

Jika sudah begini maka biaya perbaikannya akan semakin besar untuk penggantian komponen yang rusak menyerupai cylinder head dan packing nya, selang radiator yang bocor, beli cairan radiator coolant yang gres dan lain sebagainya.

Baca juga : Ini balasannya bila tidak menggunakan radiator coolant

Semoga warta diatas sanggup bermanfaat dan jangan lupa untuk di bantu share artikelnya, terima kasih sudah berkunjung.