Fungsi lubang di chassis truk - bagi anda yang mungkin masih awam mengenai dunia truk, mungkin bertanya tanya kenapa chassis truk terdapat lubang lubang yang jumlahnya bervariasi, ada yang sedikit dan ada pula yang banyak tergantung brand truk yang ada.

Berbeda dengan mereka para pemerhati maupun pengguna truk yang sudah paham dengan fungsi dari lubang lubang yang ada pada kepingan chassis, bagi anda yang belum tahu fungsi dan tujuan pabrikan truk menciptakan banyak lubang di kepingan chassis, silahkan disimak klarifikasi dibawah ini.

 bagi anda yang mungkin masih awam mengenai dunia truk Fungsi Lubang Lubang Pada chassis Truk


Fungsi lubang pada chassis truk

Fungsi dari lubang lubang yang terdapat bada chassis sebuah truk gotong royong ialah untuk mempermudah bengkel karoseri dalam membangun atau memoifikasi sebuah truk. Misalnya chassis tadi akan dibangun menjadi sebuah dump truck, truk box, truk tangki dan lain sebagainya, nantinya body truk akan di ikat dan dibaut pada lubang lubang yang telah tersedia dari pabrikan ini sesuai dengan kebutuhannya.

Sehingga bengkel karoseri tidak perlu lagi melaksanakan pengeboran chassis untuk memasangkan dudukan body, perlu anda ketahui pula bahwa chassis sebuah truk tidak direkomendasikan untuk di las maupun di bor, alasannya ialah hal ini akan mengubah abjad dari baja chassis nantinya.

Baca juga : Memilih Antara truk Isuzu Elf atau Mitsubishi Colt Diesel

Selain berfungsi untuk memasangkan baut pengikat dudukan body, fungsi lain dari lubang yang ada pada chassis truk ini ialah untuk menambahkan efek elastis pada batang chassis, sehingga nantinya chassis akan terhindar dari keretakan. Desain dari lubang yang terdapat pada chassis truk ini tidak mengurangi kekuatan chassis, alasannya ialah material dari chassis itu sendiri terbuat dari baja pilihan yang tentunya sangat kokoh.

Beberapa jenis truk ibarat truk Hino New Ranger menawarkan lapisan elektrode position yang mempunyai kegunaan untuk anti karat dan juga mencegah semoga chassis tak simpel bengkok / patah ketika digunakan untuk mengangkut beban berat. Hal ini terbukti berpuluh puluh tahun chassis truk yang banyak lubangnya mengalami kebengkokan ketika digunakan mengangkut beban berat. Walaupun ada kerusakan ketika digunakan mengangkut beban berat, kemungkinan kepingan truk yang sering rusak paling di kepingan selongsong maupun AS roda saja kan ?

Baca juga : Penyebab AS roda truk sering patah

Nah hingga disini apakah anda sudah mengerti dan paham kenapa chassis truk banyak lubang nya ? Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibantu share artikelnya, salam otomotif.